Apa Perbedaan Trading dan Investasi pada Uang Kripto?

Saat ini, mata uang yang digunakan sebagai investasi maupun perdagangan tidak hanya berupa mata uang yang telah secara resmi ditetapkan oleh setiap negara. Akan tetapi, saat ini mulai bermunculan mata uang digital yang mampu menembus batas sekat antar negara. Mata uang ini disebut dengan cryptocurrency atau uang kripto. Mata uang ini menggunakan sistem digital dan dilindungi oleh cryptography untuk menjamin keasliannya. Saat ini ada banyak jenis mata uang yang digunakan dalam cryptocurrency. Salah satunya adalah bitcoin. Jenis uang ini seringkali digunakan sebagai bahan trading dan investasi yang dilakukan oleh para pemegang uang kripto. Oleh karena itu, bitcoin menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari uang kripto. Maka, tak heran jika akan ada banyak istilah dalam perdagangan kripto yang menggunakan istilah bitcoin. Salah satunya adalah BTC to USD

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bitcoin seringkali digunakan sebagai salah satu jenis uang kripto yang digunakan untuk keperluan trading dan investasi. Seringkali dua aktivitas ini dianggap sebagai aktivitas yang sama. Padahal dalam kenyataannya kedua aktivitas ini memiliki cara kerja yang berbeda. Oleh karena itu, hasil yang didapatkan juga berbeda. Lantas, apakah perbedaanya?

BTC to USD bitcoin usd

Trading merupakan salah satu bentuk perdagangan bitcoin. Trading umumnya dilakukan oleh orang yang menginginkan untuk mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu yang cepat. Bagaimana caranya? Umumnya, orang – orang yang akan melakukan trading bitcoin akan membeli bitcoin ketika harganya rendah. Setelah itu, mereka akan menunggu sebentar untuk menjual bitcoin ketika harganya naik. Sehingga, mereka akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari selisih harga jual dan harga beli bitcoin. Sehingga, untuk dapat menjalankan trading bitcoin dengan baik, orang – orang harus selalu memantau tentang perkembangan harga jual dan harga beli dari bitcoin tersebut. Salah satunya adalah kondisi dari BTC to USD atau nilai tukar bitcoin ke dolar Amerika Serikat. Saat nilai tukar bitcoin ke USD menurun, akan ada banyak orang yang membeli bitcoin tersebut. Sebaliknya, ketika nilai tukar bitcoin ke USD semakin naik bahkan mencapai titik tertinggi, maka banyak orang yang akan menjualnya. Hal yang harus diperhatikan adalah bahwa harga bitcoin ini sangatlah fluktuatif. Perubahannya tidak harus menunggu beberapa hari, akan tetapi hanya dalam hitungan jam saja. Hal inilah yang mengharuskan orang yang melakukan trading bitcoin untuk terus memantau perkembangan harga bitcoin. Selain itu, trading bitcoin juga tidak mengenal waktu libur karena bisa dilakukan kapan saja.

BTC to USD merupakan kependekan dari Bitcoin Dollar AS

Sementara itu, investasi merupakan salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang. Orang – orang yang memutuskan untuk melakukan investasi akan membeli bitcoin secara berkala. Selain itu, mereka akan menyimpan bitcoin tersebut dalam jangka waktu tertentu seperti hitungan bulan maupun tahun. Sehingga, ketika jumlah bitcoin meningkat dan harganya naik, investor akan mendapatkan hasil yang sangat banyak. Salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh orang – orang yang memutuskan melakukan investasi adalah bitcoin tidak bisa dijual dalam waktu berdekatan dari waktu pembelian. Mereka harus menunggu dalam jangka waktu yang cukup panjang sembari melakukan pembelian bitcoin selanjutnya. Jika dibandingkan dari faktor resiko, maka investasi bitcoin menawarkan resiko kerugian yang lebih sedikit dibandingkan trading. Selain itu, investor juga tidak perlu terlalu memperhatikan harga bitcoin yang fluktuatif hingga mereka berniat menjual bitcoin yang dimiliki. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *